Panorama Keindahan Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur


Berkunjung ke Pacitan, tak lengkap bila tak singgah ke wisata pantainya. Pacitan merupakan daerah termasuk di pesisir pantai yang banyak pantai-pantai indah salah satunya pantai klayar, pantai klayar sendiri merupakan salah satu wisata pantai yang menyajikan keindahan alam yang sangat menabjubkan.

Pantai ini memiliki keunikan yang bisa ditemui seperti karang yang ukurannya sangat besar, air mancur alami dan bebatuan karang yang mempunyai bentuk unik serta fenomena seruling samudra.

Hamparan pasir putih yang cukup luas dan tebing-tebing yang mengelilingi dan perpaduan dengan vegetasi pepohonan kelapa di kawasan ini menambah daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai klayar. Bukit-bukit kecil di deretan pantai pun bisa dinikmati dengan cara mendaki untuk menikmati keindahan pantai klayar dari atas bukit.

Hal unik yang akan dijumpai di pantai ini adalah seruling samudra, fenomena seruling samudra terjadi ketika cekungan yang berada di bagian tebing diterjang ombak dan air laut akan menyembur ke permukaan melalui sela-sela bebatuan karang dan akan menghasilan suara seruling.


Fenomena lain yang dapat ditemui dari pantai ini adalah air mancur alami yang terjadi akibat terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang. Air laut akan masuk ke bagian bawah bebatuan karang dan menyembur  di sela-sela bebatuan karang dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Lokasi Pantai Klayar

Pantai klayar terletak di Desa Kalal, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Berada sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan dan 110 km dari kota Yogyakarta.

Akses Menuju Pantai Klayar

Pantai klayar cukup mudah diakases dengan kendaraan bermotor . Berikut rute menuju Pantai Klayar

  1. Dari Yogyakarta : Rute melalui jalur Wonosari Gunung Kidul daerah yang dilalui adalah Patuk - Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Perbatasan jawa tengah dan jawa timur - Punung -Pantai Klayar. Jalur akan menempuh perjalanan sekitar 4 Jam. Sepanjang perjalanan anda akan menikmati keindahan alam hijau dan bukit-bukit kecil yang sangat memanjakan mata.
  2. Dari Solo : Rute  ke arah Kecamatan Pracimantoro - Pertigaan Giribelah belok kanan - Perempatan Kalak - Pantai Klayar.
Fasilitas 

Beberapa fasilitas yang sudah disediakan seperti penginapan, warung makan, toilet umum dan lokasi pakir.


0 Response to "Panorama Keindahan Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur"

Posting Komentar