Pantai Pasir Merah Nias

Kepulauan Nias memilih sekitar 46 pantai yang hanya terdapat di kabupaten nias saja, salah satunya pantai pasir merah. Pantai yang berlokasi di daerah Desa Ombolata Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara ini memiliki keindahan yang begitu menarik bagi para wisatwan lokal dan mancanegara yang lokasinya cukup mudah dijangkau dan pantai ini merupakan salah satu pantai yang terindah di kepulauan Nias.

Pantai Pasir Merah terkenal karena memiliki warna pasir kemerahan dan semakin memekat saat matahari terbenam. Pantau yang memiliki garis pantai sepanjang 2,2 KM, dan ombak di pantai ini cukup besar, tapi tidak terlalu besar untuk dipakai selancar

Menurut informasi, pasir merah ini dihasilkan dari batuan karang di sekitar pantai dan pada waktu-waktu tertentu terkena abrasi ombak dari laut yang terkena deburan ombak. Pantai merah afulu ini memang banyak bebatuan karang disekitar pantai seperti yang terdapat di pantai-pantai Pulau Nias pada umumnya.



Bebatuan karang yang memiliki ukurannya sangat besar dan menghiasi setiap bibir pantai. Batuan karang tersebut ada yang keras, namun tak jarang juga batuan karang yang sangat rapuh.

Menariknya di Pantai Pasir Merah menurut cerita masyarakat yang berkembang mempunyai sebuah legenda cerita , pantai ini dulunya di huni oleh ular raksasa yang kemudian mati dibunuh oleh penduduk sekitar dengan cara dipenggal kepalanya. Sehingga darah merah menyebar di seluruh penjuru pantai bahkan membekas di sepanjang pesisir pantai ini.


0 Response to "Pantai Pasir Merah Nias"

Posting Komentar