Wisata Waduk Sermo Kulon Progo


Wisata Waduk Sermo adalah salah satu wisata bendungan buatan yang berada di daerah Sermo Kulonprogo, yogyakarta. Selain difungsikan sebgai infrastruktur PDAM, waduk sermo juga menjadi obyek wisata yang cukup terkenal di kulon progo maupun luar daerah kulon progo.

Waduk Sermo sendiri memiliki luas 157 yang terletak di Desa Hargowilis, kecamatan kokapkurang lebih 36 km kearah barat dari kota Yogyakarta atau sekitar 6 km dari wates.

Menurut cerita masyarakat yang berkembang di daerah kulon progo, waduk sermo diresmikan oleh salah satu presiden indonesia yaitu Soeharto 20 November 1996 lalu, dibuat dengan cara membendung kali Ngrancah dengan biaya mencapai Rp 22 miliar dan diselesaikan dalam waktu sekitar 2 tahun.

Pembangunan waduk sermo, Pemda Kulon Progo melakukan transmigrasi massal sebanyak 100 kk ditransmigrasikan ke pulau sumatra, bengkulu dan 7 kk ditransmigrasikan ke perkeukan kelapa sawit Riau.

Letak waduk sermo tergolong sangat strategis, karena berada dianara dua bukit salah satunya bukit menoreh dan disekelilingnya masih banyak pepohonjan dan cagar alam yang dilindungi, sehingga wisata waduk sermo terlihat hijau dan sejuk.

Di sanan terdapat jalan yang mengelilingi waduk sehingga memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan Waduk Sermo dari sudut padang manapun. Di sepanjang jalan lingkar juga terdapat tempat-tempat rumah jamur yang berbentuk layaknya jamur dan juga rumah panggung, dan jangan khawatir kelaparan karena tempat ini juga terdapat warung makan. Disamping itu juga menyediakan tempat penginapan seperti vila.

Jika ingin mengelilingi Waduk Sermo lewat jalan air, disana juga sudah disediakan tempat penyewaan perahu atau masyarakat setempat menyebutnya gethek.





0 Response to "Wisata Waduk Sermo Kulon Progo"

Posting Komentar